Whatsapp
  • 0821 2742 4060 (Ghani). --- .
  • Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
Supplier Ceramic Ball

Ady Water menyediakan ceramic ball inert untuk bed support.

Supplier Desiccant

Kami menyuplai product desiccant air dryer seperti activated alumina, molecular sieve, dan silica gel

Media Filter Air

Selain produk pengolahan gas, Ady Water juga menjual media filter air

Penjelasan Apa Itu TSS dan Alat Pengukur TSS

Fase Materi: Padatan, Cairan, dan Gas

Dalam ilmu fisika, fase materi adalah salah satu karakteristik materi.Ada empat fase fundamental materi, yaitu padatan (solid), cairan (liquid), gas, dan plasma. Banyak fase lain yang hanya ada dalam situasi ekstrim, seperti kondensasi Bose–Einstein condensates, materi neutron-degenerate dan plasma quark-gluon, yang hanya terjadi pada situasi ekstrim dingin, extreme rapat, dan ekstrim energi tinggi. Beberapa fase diyakini oleh para fisikawan tetapi baru bersifat teori.

4 fase fundamental materi berurutan searah jarum jam dari kiri atas: padatan (patung es), cairan (air), plasma (percikan listrik), dan gas (udara di sekitar awan)

Padatan / Solid

Dalam fase padatan (solid), partikel seperti ion, atom, atau or molekul sangat rapat dan 'terpaket' bersama.Gaya antar partikel kuat sehingga partikel tidak bisa bergerak secara bebas tetapi hanya bisa bergetar. Hasilnya, padatan memiliki bentuk dan volume yang tetap dan stabil.

Campuran Fase Materi

Campuran antara materi-materi yang memiliki fasa berbeda dapat terjadi. Semisal apabila Anda menyeduh kopi. Anda mencampur bubuk kopi atau gula yang memiliki fase padatan dengan air panas yang memiliki fasa cairan. Setelah diaduk, apakah Anda dapat membedakan antara bubuk kopi dengan air?

Air kopi adalah campuran antara air (cairan) dan bubuk kopi (padatan)
Campuran bisa berarti larutan (solution) atau suspensi (suspension). Perbedaan diantaranya adalah ukuran partikel yang terlibat.
  • Larutan adalah campuran padatan dengan cairan di level ion atau molekul. Larutan biasanya transparan, yang berarti kita dapat melihat menembusnya
  • Suspensi memiliki padatan dengan ukuran yang lebih besar, sehingga kita melihat "awan" di dalam campuran air
Nilai padatan baik yang terlarut ataupun tersuspensi dalam suatu cairan adalah salah satu parameter penting dalam filter air. Secara terminologi, kita menyebutnya sebagai TDS (Total Dissolved Solids / Total Padatan Terlarut) dan TSS (Total Suspended Solids / Total Padatan Tersuspensi). Di artikel ini, kita akan membahas mengenai TSS.

Total Suspended Solids (TSS)

Total Suspended Solids (TSS) adalah padatan dalam air yang terjebak oleh filter. TSS dapat mencakup berbagai macam bahan, seperti lumpur, tanaman membusuk dan jasad hewan, dan limbah industri. Konsentrasi padatan tersuspensi yang tinggi dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan dan kehidupan habitat air.

Tingginya kandungan TSS dapat memblokir cahaya dari mencapai vegetasi terendam. Sebagai jumlah cahaya yang melewati air berkurang, fotosintesis melambat. Mengurangi tingkat fotosintesis menyebabkan oksigen terlarut kurang akan dirilis ke dalam air oleh tanaman. Jika lampu benar-benar diblokir dari tanaman tinggal bawah, tanaman akan berhenti memproduksi oksigen dan akan mati. Sebagai tanaman membusuk, bakteri akan menggunakan bahkan lebih banyak oksigen dari air. Oksigen terlarut dapat menyebabkan membunuh ikan. Tinggi TSS juga dapat menyebabkan peningkatan suhu air permukaan, karena partikel menyerap panas dari sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan kadar oksigen terlarut jatuh lebih jauh (karena air hangat dapat menahan kurang DO), dan dapat membahayakan kehidupan air di banyak cara lain, seperti dibahas di bagian suhu

Penurunan kejernihan air yang disebabkan oleh padatan tersuspensi dapat mempengaruhi kemampuan ikan untuk melihat dan menangkap makanan. Padatan dapat menyumbat insang ikan, mengurangi tingkat pertumbuhan, menurunkan resistensi terhadap penyakit, dan mencegah telur dan perkembangan larva. Ketika padatan tersuspensi mengendap di bawah badan air, mereka dapat menutupi telur ikan dan serangga air, serta tercekik baru menetas larva serangga. Menetap sedimen dapat mengisi ruang antara batuan yang bisa digunakan oleh organisme air untuk rumah..

TSS yang tinggi dalam badan air sering dapat berarti konsentrasi yang lebih tinggi dari bakteri, nutrisi, pestisida, dan logam di dalam air. Polutan ini dapat melampirkan ke partikel sedimen di darat dan akan dibawa ke badan air dengan air hujan. Di dalam air, polutan dapat dilepaskan dari sedimen atau perjalanan jauh hilir.

TSS dapat menyebabkan masalah untuk keperluan industri, karena padatan dapat menyumbat atau menjelajahi pipa dan mesin.

Pengukuran Total Suspended Solids


Untuk mengukur TSS, sampel air disaring melalui pre-ditimbang filter. Residu yang tertahan pada saringan dikeringkan dalam oven pada 103 - 105°C sampai berat filter perubahan tidak lagi. Peningkatan berat filter merupakan total padatan tersuspensi. TSS juga dapat diukur dengan menganalisis total padatan dan mengurangi total padatan terlarut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Total Suspended Solids

  • Laju aliran yang sangat deras
    Laju aliran dari badan air merupakan faktor utama dalam konsentrasi TSS. Air mengalir cepat dapat membawa lebih partikel dan sedimen yang lebih besar berukuran. Hujan lebat dapat mengambil pasir, lumpur, tanah liat, dan partikel organik (seperti daun, tanah, partikel ban) dari tanah dan membawanya ke permukaan air. Perubahan laju aliran juga dapat mempengaruhi TSS; jika kecepatan atau arah air meningkat saat ini, partikel dari sedimen bawah dapat disuspensi.
  • Longsoran
    Erosi tanah yang disebabkan oleh gangguan dari permukaan tanah. Erosi tanah dapat disebabkan oleh Bangunan dan Konstruksi Jalan, Kebakaran Hutan, Logging, dan Pertambangan. Partikel tanah yang tererosi dapat dilakukan oleh stormwater ke permukaan air. Hal ini akan meningkatkan TSS dari badan air.
  • Limpasan perkotaan
    Selama acara badai, partikel tanah dan puing-puing dari jalan-jalan dan kawasan industri, komersial, dan residensial dapat dicuci ke sungai. Karena jumlah besar trotoar di daerah perkotaan, infiltrasi menurun, kecepatan meningkat, dan daerah menetap alam telah dihapus. Sedimen dilakukan melalui saluran badai langsung ke sungai dan sungai.
  • Air Limbah
    Air buangan dari Tanaman Pengolahan Air Limbah (TPAL) dapat menambahkan padatan tersuspensi ke sungai. Air limbah dari rumah berisi sisa makanan, kotoran manusia, dan bahan padat lainnya yang kita meletakkan saluran air kita. Sebagian besar padatan dikeluarkan dari air di TPAL sebelum dibuang ke sungai, tetapi pengobatan tidak dapat menghilangkan segalanya.
  • Membusuknya Tumbuhan dan Hewan
    Saat tanaman dan jasad hewan mengalami pembusukan, partikel organik tersuspensi dilepaskan dan dapat berkontribusi pada konsentrasi TSS.

Standar Kualitas Air Mengenai Total Suspended Solids

Baik US Environmental Protection Agency (US EPA) atau Negara Bagian Colorado memberikan standar untuk TSS dalam air minum. Colorado Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Air Divisi Quality Control (CDPHE-WQCD) peraturan (5 CCR 1002-1031) menyatakan bahwa tersuspensi tingkat padat akan dikendalikan oleh Limbah Batasan Peraturan, Standar Dasar, dan Praktik Manajemen Terbaik (BMP).

ABOUT

Tentang Ady Water
About

CONTACT

Hubungi kami disini
Hubungi

Ady Water

Ady Tirta Gas adalah bagian dari Ady Water, distributor media filter air dan gas yang memiliki 5 cabang di Indonesia..

Trending